Monday, November 22, 2021

Anda Gandrung Drakor? Orang Korea Itu Jatuh Cinta pada Negeriku!

 



Hai pembaca, jumpa lagi dengan Nyai Sampur. Saat ini saya sedang tidak ingin bercerita hal mistis. Kita berbincang santai sambil ngopi, yuk…, tapi bukan soal drakor.


Selain drakor, apa, sih, yang paling digandrungi saat ini? Tentu saja segala tentang Korea! Naaah… saya akan membawa pembaca pada kisah tentang seorang kenalan saya.


Jika milenial Indonesia gandrung drakor, dia yang berkebangsaan Korea begitu jatuh cinta pada negeri kita, Indonesia yang molek ini. Sebut saja namanya Mr. Jang.


Mr. Jang yang bukan pemain drakor itu bercerita bagaimana awalnya dia bisa memilih Bali menjadi tempat tingal keduanya. “Bagi saya, Bali adalah pulang.” Selalu kalimat itu yang dia ucapkan sejak kami saling mengenal sembilan tahun yang lalu.

Mr. Jang ini seorang pecinta spiritual. Dia memilih Bali karena Bali begitu akrab dan dekat dengan budaya dan spiritual yang dia cari.


“Apa, sich, yang membuat kamu betah di Indonesia? Sampai kamu katakan PULANG setiap kali kamu datang ke negeri ini?” tanya saya suatu hari. Begini penuturannya:


Awalnya, seperti turis Korea atau Jepang yang lain, saya hanya tertarik dengan pantai dan iklim tropis di Indonesia, khususnya Bali. Bagi orang Korea, berwisata ke Bali adalah impian yang kemudian menjadi kebanggaan. Saya sudah ke Bali!


Akan tetapi, saat saya sampai di Bali, banyak hal yang membuat saya sangat enjoy di sini. Pertama keramahan masyarakatnya. Orang Indonesia itu friendly sekali, hangat, dan damai. Saya merasa diterima dengan sangat baik, bukan lagi menjadi tamu, tapi menjadi bagian dari kalian.

Lalu ritme hidup di Indonesia yang jauh lebih tenang, tidak terburu buru, saya merasa jauh lebih relax dan bisa menikmati waktu demi waktu tanpa strees disini.

Saya seorang pecinta budaya dan culture setempat di mana pun saya berada, dan Indonesia adalah tempatnya ragam budaya.

Dulu saya berpikir hanya Bali yang kental dengan berbagai budaya. Ternyata banyak sekali tempat di Indonesia yang memiliki budaya unik dan indah.

Saya suka dengan Jogja dan Solo. Di sana masih banyak pelaku budaya yang membuat saya takjub. Saya suka Keraton Jogja. Saya suka melihat orang Jawa saat mereka mengadakan banyak upacara atau kegiatan kesenian tradisional seperti wayang kulit misalnya.


“Indonesia adalah surga dan kami bangga bisa datang dan berkunjung ke Indonesia. Jika semesta izinkan, saya ingin tua dan mati di negerimu,” ucapnya sambil meneguk secangkir kopi yang mulai dingin.

“Bagaimana dengan kulinernya?” tanya saya lagi.

Kuliner di Indonesia itu banyak rempah dan sehat! Saya sangat suka. Rempah! Ya rempahnya membuat rindu. Saya suka tipat cantok (kuliner khas Bali) dan karedok hahaha… saya jadi lapar. Seloroh Mr. Jang. Sambil menyeruput kopinya yang mulai dingin. 


Bincang saya dengan Mr. Jang membawa saya merenung, banyak orang diluar sana sangat jatuh cinta pada negri kita, banyak orang diluar sana yang menikmati negri kita laksana surga kecil yang mereka banggakan. So bagaimana dengan kita sendiri? Kita yang justru merindukan dan begitu menggilai negara lain? Negri kita itu sangat indah teman! Budaya kita sangat kaya, jika orang korea saja sebegitu jatuh cintanya pada negri kita, kita sebagai putra dan putri Ibu Pertiwi bolehlah gandrung dengan segala hal tentang Korea, tetapi tetap ingat, Ibu Pertiwi juga punya hal yang patut kita suarakan dan kita banggakan. Benar ga?? 


Yukk lanjut ngopi lagi… 


Salam damai semesta… 

Penulis: Nyai Sampur

Editor: Blackrose

No comments:

Post a Comment

Anda Gandrung Drakor? Orang Korea Itu Jatuh Cinta pada Negeriku!

  Hai pembaca, jumpa lagi dengan Nyai Sampur. Saat ini saya sedang tidak ingin bercerita hal mistis. Kita berbincang santai sambil ngopi, yu...